Home » article » Mitra KKN Tematik UNDIKMA 2020

Mitra KKN Tematik UNDIKMA 2020

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam kurikulum Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) dan harus ditempuh oleh semua mahasiswa program Strata 1 (S-1). KKN Tematik adalah program kuliah kerja nyata dengan fokus capaian pembelajaran yang spesifik yang memiliki relevansi dengan program pembangunan daerah dan pemerintah pusat, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan ipteks yang dimiliki oleh UNDIKMA.

Model pelaksanaan KKN UNDIKMA tahun akademik 2020/2021 ini berbeda dengan tahun akademik sebelumnya. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemic Covid-19, sehingga dibutuhkan penyesuaian model dan aplikasi dilapangan agar sesuai petunjuk aturan dari kemendikbud dengan mengedepankan protocol keselamatan bagi dosen , mahasiswa, dan masyarakat.

Tema KKN UNDIKMA tahun ini adalah “KKN Tematik Berbasis Ilmiah”. Tema KKN ini diwujudkan dengan menginisiasi dan mengembangkan produktivitas pengetahuan mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) dalam bentuk penulisan karya ilmiah sesuai dengan program kerja yang relevan dengan pencegahan di masa pandemic Covid-19. KKN dilaksanakan di lingkungan rumah mahasiswa sendiri (bersifat individu), dengan menggunakan pendekatan kualitatif atau case study. Setiap mahasiswa memilih topic yang sesuai dengan fakta di lapangan untuk dikembangkan menjadi karya ilmiah, adapun topic tersebut meliputi : (1) Program Sosial Kemanusiaan; (2) Program Pemberdayaan Kewirausahaan Masyarakat Terdampak Covid-19; (3) Program Inovasi / Kreasi Masyarakat di bidang IT, Pembelajaran, Pelatihan, Kursus, dll; (4) Program Pemberdayaan Kesehatan Masyaraka; (5) Program Pendidikan Keluarga (Penguatan Kesadaran di Masa Pandemi); dan (6) Program Pendidikan Kebencanaan. Disamping mengembangkan karya ilmiah, masing-masing mahasiswa juga memiliki program suplemen yang dirancang sendirii untuk memberdayakan masyarakat dilingkungan sekitarnyta melalui kegiatan pendidikan, pembelajaran, penyuluhan, pelatihan, kursus dsb yang sesuai dengan disiplin ilmunya.

Diharapkan melalui pelaksanaan KKN Tematik Berbasis Karya Ilmiah di masa pandemic ini, Mahasiswa UNDIKMA dapat memberikan kontribusi (sumbangsih) bagi pengembangan ilmu pengetahuan berbasis masyarakat, dan tentu sebagai penguat kesadaran untuk mewujudkan Knowledge Society! (MAR)

Untuk mendukung Pelaksanaan Program KKN Tematik dilapangan, berikut dilampirkan SURAT KESEDIAAN MITRA KKN yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa. silahkan di Download!