Home » article » KKN EXPO UNDIKMA 2019

KKN EXPO UNDIKMA 2019

LPPM Undikma menggelar Expo KKN 2019 pada hari Kamis, 21 November 2019, bertempat di Lobi Rektorat Undikma. KKN EXPO diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran produk (kewirausahaan dan media pembelajaran) mahasiswa KKN, pameran lukisan dan demo melukis  mahasiswa Prodi Seni Rupa, pembagian bibit oleh mahasiswa Prodi Kehutanan, konsultasi bisnis oleh mahasiswa Prodi Manajemen, layanan cek kesehatan gratis oleh Prodi Kesehatan Masyarakat dan pemeriksaan hewan peliharaan oleh Prodi Kedokteran Hewan.
KKN EXPO dibuka oleh Wakil Rektor I, Ni Ketut Alit Suarti, dihadiri oleh pimpinan di lingkungan Undikma seperti Dekan, kaprodi, kepala biro dan lembaga serta seluruh mahasiswa KKN dan mahasiswa lainnya yang datang berkunjung melihat produk teman-teman mereka.
Ketua panitia KKN EXPO 2019, M. Arif Rizka, menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN EXPO 2019 diikuti oleh 38 kelompok KKN, menampilkan produk yang dihasilkan saat mereka KKN berupa produk kewirausahaan dan media pembelajaran. Semua produk dinilai dan tiga terbaik diberikan penghargaan serta hadiah sebagai penyemangat mereka untuk terus berkarya pengembangkan kemampuan yang dimiliki. Selain produk, KKN EXPO juga diikuti oleh beberapa program studi yang memiliki produk hasil inovasi dan dosen untuk diperlihatkan kepada ratusan pengunjung yang hadir memenuhi lobi Rektorat Undikma.
Sementara itu Ketua LPPM, Akhmad Sukri, memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang telah menunjukkan semangat luar biasa sebagai wujud kesungguhan dalam mengikuti dan menyukseskan KKN EXPO yang digelar setiap tahun. “KKN EXPO merupakan kegiatan yang disiapkan sebagai cara LPPM mengapresiasi semua karya inovasi dari mahasiswa sekaligus sebagai media dari Sivitas Akademika Undikma untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa saat KKN”, ungkap Doktor Alumni Universitas Negeri Malang ini.
Selanjutnya Wakil Rektor I, Ni Ketut Alit Suarti, saat menyampaikan sambutan memulai dengan memberikan informasi terbaru yang ada di Undikma seperti peringkat bidang penelitian yang dirilis oleh Kemenristek dimana IKIP Mataram (Undikma) naik cluster dari Binaan menjadi Utama, sebuah lompatan dan prestasi luar biasa ungkap beliau disambut riuh tepuk tangan peserta KKN EXPO. “Begitu juga dengan bidang pengabdian, Undikma berada posisi 123 dan menjadi satu-satunya PTS di NTB yang mampu masuk ke peringkat 200 nasional”, ungkapnya penuh semangat.
Terkait dengan KKN EXPO Wakil Rektor I menyampaikan apresiasi kepada LPPM dan seluruh pihak yang terlibat, sehingga Expo berjalan dengan sukses. “Expo ini menjadi tolok ukur kemampuan masing-masng, karena setiap kelompok memiliki produk dan bisa saling membandingkan satu dengan yang lain. Membandingkan bukan untuk saling melemahkan namun menjadi titik tolak untuk bisa berkarya lebih baik lagi sehingga mahasiswa dapat menjadi insan inovasi tiada henti”, ungkap beliau (B4).