Home » article » Selamat & Sukses Pelaksanaan KKN Tematik IKIP Mataram

Selamat & Sukses Pelaksanaan KKN Tematik IKIP Mataram

KKN Tematik adalah program kuliah kerja nyata dengan fokus capaian pembelajaran yang spesifik yang memiliki relevansi dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan ipteks yang dimiliki IKIP Mataram. Adapun tema pelaksanaan KKN Tematik IKIP Mataram Tahun Akademik 2019/2010 ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan”. Dasar dari pemilihan tema KKN Tematik tersebut yakni urgensi permasalahan miskonsepsi pelaksanaan KKN di masyarakat yang selama ini hanya dipahami sebagai kegiatan bantuan fisik-material, seremonial, dan sebatas kegiatan rutinitas kemasyarakatan. Filosofi KKN yang sebenarnya adalah proses memberdayakan masyarakat agar mampu mengatasi permasalahan kehidupan yang ada di lingkungan sekitarnya. Sehingga, diharapkan melalui pelaksanaan KKN Tematik ini, program-program pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat NTB yang berdaya saing, edukatif, dan sejahtera.
Disamping itu, pelaksanaan KKN Tematik diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi mahasiswa, baik kompetensi profesional, sosial, serta kompetensi personal, dan kegiatan ini juga diharapkan memberikan pengaruh yang positif bagi terciptanya kemitraan dan hubungan yang baik antara IKIP Mataram dengan mitra-mitra strategisnya (pemerintah desa, pemerintah daerah, dan lembaga terkait lainnya).
Pelaksanaan program KKN Tematik ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengalaman langsung bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman memberdayakan masyarakat, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah nyata yang ada di masyarakat.